Jumat, 26 Desember 2014

LCD ( Liquid Crystal Display ) 




Pada pembahasan kali ini kita membahas tentang LCD. mungkin ada banyak yang belum mengetahui apa itu LCD ? dan apa itu kepanjangan dari LCD ?. oke mari kita bahas sekarang. 

LCD ( Liquid Crystal Display ) adalah lapisan dari campuran organic antara lapisan kaca bening dengan elektroda transparan indium oksida dalam bentuk tampilan seven-segment dan lapisan elektroda pada kaca belakang. Ketika elektroda diaktiffkan dengan medan listrik (tegangan), molekul organic yang panjang dan silindris menyesuaikan diri dengan elektroda dari segmen. Lapisan sandwich memiliki polarizer cahaya vertical depan dan polarizer cahaya horizontal belakang yang diikuti dengan lapisan reflector. Cahaya yang dipantulkan tidak dapat melewati molekul-molekul yang telah menyesuaikan diri dan segmen yang diaktifkan terlihat menjadi gelap dan membentuk karakter data yang ingin ditampilkan. 

Contoh Bentuk LCD ( Liquid Crystal Display ) 
Gambar LCD ( Liquid Crystal Display ) 



Pengendali / Controller LCD ( Liquid Crystal Display )
Dalam modul LCD (  Liquid Crystal Display )  terdapat microcontroller yang berfungsi sebagai pengendali tampilan karakter LCD (Liquid Crystal Display ). Microcontroller pada suatu LCD dilengkapi dengan memori dan register. Memori yang digunakan microcontroller internal LCD adalah : 

DDRAM ( Display Data Random Access Memory ) merupakan memori tempat karakter yang akan ditampilkan berada.

CGROM ( Character Generator Read Only Memory ) Merupakan memori untuk menggambarkan pola sebuah karakter dimana pola tersebut merupakan karakter dasar yang sudah ditentukan secara permanen oleh pabrikan pembuat LCD tersebut, sehingga pengguna tinggal mengambilnya sesuai alamat memorinya dan tidak dapat merubah karakter dasar yang ada dalam CGROM. 

CGRAM ( Character Generator Random Access Memory ) merupakan memori untuk menggambarkan pola sebuah karakter dimana bentuk dari karakter dapat diubah-ubah sesuai dengan keinginan.

Register control yang terdapat dalam suatu LCD diantaranya adalah :

Register perintah yaitu register yang berisi perintah – perintah dari mikrokontroller ke panel LCD pada saat proses penulisan data atau tempat status dari panel LCD dapat dibaca pada saat pembacaan data.

Register data yaitu register untuk menuliskan atau membaca data dari atau ke DDRAM. Penulisan data pada register akan menempatkan data tersebut ke DDRAM sesuai dengan alamat yang telah diatur sebelumnya.

Pin, kaki atau jalur input dan control dalam suatu LCD diantaranya adalah :

Pin data adalah jalur untuk memberikan data karakter yang ingin ditampilkan menggunakan LCD dapat dihubungkan dengan bus data dari rangkaian lain seperti mikrokontroller dengan lebar data 8 bit.

Pin RS ( Register Select ) berfungsi sebagai indicator atau yang menentukan jenis data yang masuk, apakah data atau perintah. Logika low menunjukan yang masuk adalah perintah, sedangkan logika high menunjukan data.

Pin R/W ( Read Write )  berfungsi sebagai instruksi pada modul jika low tulis data, sedangkan high baca data. 

Pin E ( Enable )  digunakan untuk memegang data baik masuk atau keluar.

Pin VLCD berfungsi mengatur kecerahan tampilan (kontras) dimana pin ini dihubungkan dengan trimmpot 5 kohm, jika tidak digunakan dihubungkan ke ground, sedangkan tegangan catu daya ke LCD sebesar 5 volt. 

Menurut saya tentang LCD ( Liquid Crystal Display ) 
LCD adalah komponen elektronika yang terbuat dari lapisan campuran organic antara lapisan kaca bening dengan elektroda transparan indium oksida dalam bentuk tampilan seven-segment yang dapat menampilkan angka dan huruf. 

Kesimpulan 
Kesimpulan dari pembahasan kali ini adalah bahwa LCD adalah sebuah komponen elektronika yang dapat menampilkan angka dan huruf, dalam versi lain LCD juga dapat menampilkan gambar dan video. dan LCD juga memiliki pin yaitu seperti Pin data, Pin rs , Pin r/w dll. 

Sekian dari pembahasan kali ini semoga bermanfaat.. ^_^ Terima Kasih 

Tidak ada komentar: