GRAFIK KOMPUTER
Grafik computer atau Grafika komputer (Computer graphics) adalah salah satu cabang yang berhubungan dengan pembuatan dan manipulasi gambar visual secara digital. Bentuk dari grafik komputer ini berawal dari grafika komputer 2D yang merupakan bentuk sederhana dari grafik komputer ini. Kemudian grafik komputer mengalami perkembangan yang lebih canggih dari teknologi 2D menjadi grafika komputer 3D. Cabang ilmu komputer ini memiliki dua cabang lagi, yaitu pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafik komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data. Bagian dari disiplin ilmu grafik komputer meliputi :
·
Geometri:
yaitu ilmu untuk mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
·
Animasi:
yaitu ilmu untuk mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
·
Rendering:
yaitu ilmu untuk mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
·
Citra
(Imaging): yaitu ilmu untuk mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan
gambar.
Pada perkembangan saat ini, pemanfaatan teknologi grafika computer sangat dibutuhkan untuk memvisualisasikan objek-objek dunia nyata menjadi objek grafis, dan implementasi yang real yaitu digunakannya teknologi grafika komputer pada fraktal untuk pembuatan aplikasi desain suatu benda. Adapun perbedaan grafik komputer dan pengolahan citra. Grafik komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang suatu objek gambar. Sedangkan pengolahan citra adalah mengolah sebuah citra lama sehingga menjadi citra baru.
Beberapa contoh Grafik komputer dalam kehidupan sehari – hari :
1. Bidang hiburan
Apakah kalian pernah melihat sebuah film
bergenre Animasi? Ya animasi merupakan salah satu penerapan ilmu dari grafika
komputer untuk bidang hiburan.
2. Bidang Pendidikan
Di bidang pendidikan sendiri, dimana grafika komputer
sangat dibutuhkan sekali dalam penerapannya dibidang ini. Misalnya saja jika
seorang dosen atau mahasiswa yang ingin mempresentasikan sebuah data dalam
bentuk grafik atau sebuah diagram dalam presentasinya tersebut. Dan biasanya
mereka menggunakan aplikasi khusus seperti microsoft powerpoint dalam membantu
presentasi mereka dalam menyajikan data berbentuk grafik atau diagram tadi.
Nah, contoh diatas merupakan salah satu contoh penerapan dari grafika komputer
didunia pendidikan. Dan masih banyak lagi penerapan grafika komputer yang
diterapkan dalam dunia pendidikan.
3. Computer Art
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk
menghasilkan karya-karya seni. Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout
media cetak, logo, lukisan abstrak, desain interior atau eksterior, dan lain
sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
4. Video Game
Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi
dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada
perangkat video. Aplikasi banyak beredar di pasaran mulai yang sederhana 2
dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan memerlukan resource
banyak, seperti game sepakbola Pro Evolutin Soccer. Dari yang yang standalone
hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile
devices.
5. Computer-Aided
Design (CAD)
CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan
dalam proses analisis dam desain, khusunya untuk sistem arsitektural dan
engineering. CAD banyak digunakan dalam mendesain bagunan, mobil, pesawat,
komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah tangga, dan berbagai produk
lainnya.
Adapun
Manfaat Ilmu Grafik Komputer adalah :
·
Menciptakan
suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun latar belakang yang terkandung
pada gambar tersebut.
·
Merupakan
teknik untuk membuat gambar obyek sesuai dengan obyek tersebut di alam nyata
(realism).
·
Bertujuan
menghasilkan gambar/citra (lebih tepat disebut grafik/picture) dengan
primitif-primitif geometri seperti garis, lingkaran, dsb.
·
Primitif-primitif
geometri tersebut memerlukan data deskriptif untuk melukis elemen-elemen
gambar. Data deskriptif : koordinat titik, panjang garis, jari-jari lingkaran,
tebal garis, warna, dsb.
·
Grafika
komputer berperan dalam visualisasi dan virtual reality.
PENGOLAHAN
CITRA
Berikut
ini adalah definisi dasar yang dipergunakan dalam pengolahan citra :
Citra
Citra adalah gambar dua dimensi yang dihasilkan dari gambar analog dua dimensi yang kontinu menjadi gambar diskrit melalui proses sampling. Gambar analog dibagi menjadi N baris dan M kolom sehingga menjadi gambar diskrit. Persilangan antara baris dan kolom tertentu disebut dengan piksel. Contohnya adalah gambar/titik diskrit pada baris n dan kolom m disebut dengan piksel [n,m].
Citra
Citra adalah gambar dua dimensi yang dihasilkan dari gambar analog dua dimensi yang kontinu menjadi gambar diskrit melalui proses sampling. Gambar analog dibagi menjadi N baris dan M kolom sehingga menjadi gambar diskrit. Persilangan antara baris dan kolom tertentu disebut dengan piksel. Contohnya adalah gambar/titik diskrit pada baris n dan kolom m disebut dengan piksel [n,m].
Sampling
Sampling adalah proses untuk menentukan warna pada piksel tertentu pada citra dari sebuah gambar yang kontinu. Pada proses sampling biasanya dicari warna rata-rata dari gambar analog yang kemudian dibulatkan. Proses sampling sering juga disebut proses digitisasi.
Sampling adalah proses untuk menentukan warna pada piksel tertentu pada citra dari sebuah gambar yang kontinu. Pada proses sampling biasanya dicari warna rata-rata dari gambar analog yang kemudian dibulatkan. Proses sampling sering juga disebut proses digitisasi.
Kuantisasi
Ada kalanya, dalam proses sampling, warna rata-rata yang didapat di relasikan ke level warna tertentu. Contohnya apabila dalam citra hanya terdapat 16 tingkatan warna abu-abu, maka nilai rata-rata yang didapat dari proses sampling harus diasosiasikan ke 16 tingkatan tersebut. Proses mengasosiasikan warna rata-rata dengan tingkatan warna tertentu disebut dengan kuantisasi.
Derau
Derau (Noise) adalah gambar atau piksel yang mengganggu kualitas citra. Derau dapat disebabkan oleh gangguan fisis(optik) pada alat akuisisi maupun secara disengaja akibat proses pengolahan yang tidak sesuai. Contohnya adalah bintik hitam atau putih yang muncul secara acak yang tidak diinginkan di dalam citra. bintik acak ini disebut dengan derau salt & pepper. Banyak metode yang ada dalam pengolahan citra bertujuan untuk mengurangi atau menghilangkan noise.
Operasi
Pengolahan Citra
Operasi
yang dilakukan untuk mentransformasikan suatu citra menjadi citra lain dapat
dikategorikan berdasarkan tujuan transformasi maupun cakupan operasi yang
dilakukan terhadap citra.
Berdasarkan
tujuan transformasi operasi pengolahan citra dikategorikan sebagai berikut :
·
Peningkatan
Kualitas Citra (Image Enhancement)
·
Operasi
peningkatan kualitas citra bertujuan untuk meningkatkan fitur tertentu pada
citra.
·
Pemulihan
Citra (Image Restoration)
Operasi pemulihan citra bertujuan untuk mengembalikan kondisi citra pada kondisi yang diketahui sebelumnya akibat adanya pengganggu yang menyebabkan penurunan kualitas citra. Berdasarkan cakupan operasi yang dilakukan terhadap citra, Operasi pengolahan citra dikategorikan sebagai berikut :
Operasi
titik, yaitu operasi yang dilakukan terhadap
setiap piksel pada citra yang keluarannya hanya ditentukan oleh nilai piksel
itu sendiri.
Operasi
area, yaitu operasi yang dilakukan terhadap setiap piksel
pada citra yang keluarannya dipengaruhi oleh piksel tersebut dan piksel lainnya
dalam suatu daerah tertentu. Salah satu contoh dari operasi berbasis area
adalah operasi ketetanggaan yang nilai keluaran dari operasi tersebut
ditentukan oleh nilai piksel-piksel yang memiliki hubungan ketetanggaan dengan
piksel yang sedang diolah.
Operasi
global, yaitu operasi yang dilakukan tehadap
setiap piksel pada citra yang keluarannya ditentukan oleh keseluruhan piksel
yang membentuk citra.
Contoh pengolahan citra dalam kehidupan sehari – hari :
Contoh pengolahan citra dalam kehidupan sehari – hari :
1.
Bidang
kesehatan
Digunakan untuk rontgen tubuh manusia yang berfungsi
untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan di tubuh.
2.
Bidang visual
Bisa digunakan untuk pemotretan lewat satelit, GPS, foto kamera dan lain-lain.
3.
Mikroskop elektron
Adalah salah satu contoh dari pengolahan citra dalam
bidang kedokteran, yang di maksud dengan mikroskop elektron adalah sebuah
mikroskop yang dapat memperbesar detail sangat kecil dengan kekutan sehingga
menyelesaikan tinggi akibat penggunaan elektron sebagai sumber penerangannya.
Pembesaran dalam hal ini di tingkat hingga 2.000.000 kali. Adapun kegunaan dari
mikroskop elektron yaitu digunakan dalam patologi anatomi. Patologi anatomi ini
berfungsi untuk mengindentifikasi organel dalam sel namun kegunaanya telah
sangat dikurangi dengan immunhistochemistry tetapi masih tak tergantikan untuk
diagnosis penyakit ginjal, identifikasi sindrom silia immotile dan banyak
tugas-tugas lainnya.
Sumber : http://tugassoftskill3.blogspot.com/2013/09/pemanfaatan-dan-contoh-ilmu-grafik.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar