ILMU SOSIAL DASAR
DALAM BIDANG PENDIDIKAN
NAMA :
M. Riyan Nur Fatah
KELAS :
1KB04
NPM :
25112074
KATA
PENGANTAR
Segala puji syukur atas kehadirat
Tuhan Yang Maha Pemurah, karena berkat kemurahanNya makalah ini dapat
saya selesaikan. Makalah ini disusun agar kita dapat memperluas wawasan kita
tentang Ilmu Sosial Dasar terutama Ilmu Sosial Dasar dalam Bidang Pendidikan.
Makalah ini dibuat dalam rangka
pembelajaran mata kuliah Ilmu Sosial Dasar (softskil). Pemahaman
tentang manusia dan hal – hal yang berkaitan dengannya sangat diperlukan,
dengan suatu harapan suatu masalah dapat diselesaikan dan dihindari kelak,
sekaligus menambah wawasan bagi kita semua.
Penulis juga mengucapkan terimakasih
kepada Ibu Ira Windarti selaku Dosen Ilmu Sosial Dasar, Universitas Gunadarma.
Makalah ini, tentunya masih
jauh dari kesempurnaan, karena penulis juga masih dalam tahap pembelajaran.
Oleh karena itu arahan, koreksi dan saran, sangat penulis harapkan. Semoga
makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca.
Terima kasih.
Depok,16 Oktober 2013
M. Riyan Nur Fatah
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR........................................................................................................ 1
DAFTAR
ISI...................................................................................................................... 2
BAB
I
PENDAHULUAN
1.
Latar
Belakang .......................................................................................................... 3
2.
Rumusan
Masalah...................................................................................................... 3
3.
Tujuan
Penulisan........................................................................................................ 3
4.
Metode
Penulisan....................................................................................................... 3
BAB
II
PEMBAHASAN
1.
Pengertian.................................................................................................................. 4
2.
Sumber Filsafat Tentang Ilmu Pengetahuan.............................................................. 5
3. Peran Ilmu Sosial Dasar Dalam Bidang
Pendidikan (Perkuliahan)........................... 5
4.
Tujuan........................................................................................................................ 7
BAB
III
KESIMPULAN.................................................................................................................. 8
DAFTAR
PUSTAKA......................................................................................................... 9
BAB I
PENDAHULUAN
1. LATAR BELAKANG
Manusia
adalah makhluk sosial, yang berarti tidak dapat hidup tanpa manusia lain.
sebagai makhluk sosial, manusia akan selalu berhadapan dengan masalah-masalah
sosial yang ada di sekitarnya, oleh karena itu diberikanlah pendidikan ilmu
sosial dasar untuk melatih atau menyadarkan seorang individu untuk dapat
memahami, peka, dan dapat ikut serta dalam menanggulanginya.
2. Rumusan
Masalah
Menjelaskan Pengertian, ruang lingkup dan metode – metode Ilmu
Sosial Dasar dalam Bidang Pendidikan
pada mahasiswa sebagai bahan kuliah.
3. Tujuan
Penulisan
Agar pembaca dapat memahami secara detail mengenai ilmu
sosial dasar dalam bidang Pendidikan .
4. Metode
Penulisan
Metode
penulisan makalah ini adalah pendeskripsian mengenai Ilmu
Sosial Dasar yang sumbernya berasal melalui jelajah
internet.
BAB
II
PEMBAHASAN
1. PENGERTIAN
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana
untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik
secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual
keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, ahlak mulia, serta
keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
Pendidikan
Umum merupakan
Pendidikan Dasar dan menengah yang mengutamakan perluasan pengetahuan yang
diperlukan oleh peserta didik untuk melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang
lebih tinggi.
Tujuan diberikannya Pendidikan umum di
perguruan tinggi adalah menghasilkan warga Negara sarjana yang :
1. Taqwa kepada TUHAN YANG MAHA ESA
2. Berjiwa pancasila
3. Memiliki wawasan sejarah perjuangan
bangsa
4. Memiliki wawasan komperhensif dan
pendekatan integral di dalam menyikapi permasalahan kehidupan
5. Memiliki wawasan budaya yang luas
tentang kehidupan bermasyarakat dan secara bersama sama mampu berperan serta
meningkatkan kualitasnya.
2. Sumber Filsafat Tentang
Ilmu Pengetahuan
Untuk menjawab berbagai tantangan dan persoalan dalam kehidupan
lahirlah berbagai cabang ilmu pengetahuan. Berdasarkan sumber filsafat yang
dianggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan dapat
dikelompokan menjadi tiga :
1.
Natural sciences (ilmu-ilmu alamiah), meliputi: Fisika, Kimia,
astronomi, biologi dll
2.
Sosial sciences (ilmu-ilmu social) terdiri dari: Sosiologi,
Ekonomi, Politik antropologi, Sejarah, Psykologi, Geografi dll
3.
Humanities (ilmu-ilmu budaya) meliputi: Bahasa, Agama,
Kesusastraan, Kesenian dll.
Mengikuti pembagian ilmu pengetahuan seperti tersebut diatas maka
Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Budaya Dasar adalah satuan pengetahuan yang
dikembangkan sebagai usaha pendidikan. Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan
yang menelaah masalah masalah social khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat
Indonesia dengan menggunakan pengertian pengertian (fakta, konsep teori) yang
berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu ilmu
social seperti:
Sejarah,
ekonomio, geografi social, sosiologi, antropologi, psikologi sosial. Ilmu
social dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu social dasar yang dipadukan,
karena ilmu social dasar tidak memiliki objek dan metode ilmiah tersendiri dan
juga ia tidak mengembangkan suatu penilitian sebagaimana suatu disiplin ilmu
seperti ilmu-ilmu social diatas. Ilmu sosial dasar merupakan suatu bahan studi
atau program pekerjaan yang khusus dirancang untuk kepentingan atau pengerjaan
yang di Indonesia diberikan di perguruan tinggi.
3. Peran Ilmu Sosial Dasar Dalam Bidang
Pendidikan (Perkuliahan)
Peran Ilmu Sosial Dasar dalam perkuliahan yaitu pendidikan tinggi
yang diharapkan dapat menghasilkan seorang sarjana-sarjana yang mempunyai nilai
tinggi dan kemampuan skill terdiri dari :
·
Kemampuan Akademik / non Akademik
·
Kemampuan Profesi
·
Kemampuan Pribadi
Dan begitupun Materi Ilmu Sosial Dasar, kita dituntut untuk
belajar secara formal agar kita mengetahui sifat-sifat / karakteristik
dari mahluk hidup / manusia yang lain yang belum kita pernah kenal sebelumnya,
dan dalam materi ini, kita dapat mempelaari sifat dasar dari manusia lain
tersebut. Meskipun secara alamiah dan sendiri kita mampu beradaptasi dan
tidak perlu belajar materi ini namun kita dituntut untuk memperdalam agar
tidak adanya kesalahpahaman ketika kita secara langsung berinteraksi
dengan mereka.
Dengan seperangkat kemampuan yang dimiliki seseorang diatas
lulusan perguruan tinggi diharapkan seseorang menjadi sarjana yang sujana yaitu
sarjana yang cakap dan ahli dalam bidang yang ditekuninya serta mau dan mampu
mengabdikan keahliannya untuk kepentingan masyarakat indonesia dan umat manusia
pada umumnya. Pencapaian kemampuan akademik dan kemampuan profesi telah
diusahakan melalui mata kuliah (MKK). Kedua kemampuan tersebut bertujuan untuk
memberikan keahlian dalam bidangnya dan kemampuan menerapkan keahlian itu dalam
masyarakat.
Berikut adalah MKDU/
Mata Kuliah Dasar Umum yang terdiri atas mata kuliah:
1.
Pancasila
2.
Agama
3.
Kewiraan
4.
PENDIDIKAN Sejarah Perjuangan Bangsa
5.
Ilmu Alamiah Dasar (IAD)
6.
Ilmu Sosial Dasar (ISD)
7.
Ilmu Budaya Dasar (IBD)
4. Tujuan
Sebagai salah satu dari mata kuliah dasar umum ilmu social dasar
mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar:
1.
Memahami dan menyadari kenyataan-kenyataan sosial dan
masalah-masalah yang ada didalam masyarakat
2.
Peka terhadap masala-masalah social dan tanggap untuk ikut serta
dalam usaha-usaha menanggulanginya
3.
Menyadari bahwa setiap masalah social yang timbul dalam masyarakat
slalu bersifat kompleks dan hanya mendekatinya dan mempelajarinya secar kritis
dan interdisipliner
BAB III
KESIMPULAN
Dari
semua yang diatas saya sebagai seorang mahasiswa, peran pembelajaran Ilmu
Sosial Dasar sangat penting karena materi ini dapat membimbing kita dalam
pembelajaran soft skill tidak hanya hard skill saja dan kerjasama workteam, mahasiswa
dapat mengetahui teknik-teknik yang akan berguna di masa depannya.
DAFTAR
PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar