Senin, 19 November 2012

MAKALAH ILMU SOSIAL DASAR PENDIDIKAN KESETARAAN BAGI ANAK KURANG MAMPU



MAKALAH ILMU SOSIAL DASAR
PENDIDIKAN KESETARAAN
BAGI ANAK KURANG MAMPU


                       
Nama       : M.Riyan Nur Fatah
Kelas        : 1KB04
Npm         : 25112074









UNIVERSITAS GUNADARMA
2012/2013




KATA PENGANTAR
Segala puja dan puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, shalawat serta salam kami curahkan kepada junjungan kita baginda Nabi Besar Muhammad SAW, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis, sehingga makalah ini dapat di selesaikan dengan baik. Makalah ini merupakan panduan bagi para mahasiswa, untuk belajar dan mempelajari lebih lanjut tentang Pendidikan Kesetaraan Bagi Anak Kurang Mampu matematika ini. Yang bertujuan dapat menumbuhkan proses belajar mandiri, agar kreativitas dan penguasaan materi pelajaran optimal sesuai dengan yang di harapkan. Dengan adanya makalah ini di harapkan dapat membantu mahasiswa  dalam mengetahui tentang bagaimana bersosialisasi dengan baik.
 Semoga makalah ini dapat bermanfaat dan senantiasa menjadi sahabat dalam belajar untuk meraih prestasi yang gemilang. Kritik dan saran dari bapak/ ibu dan juga teman-teman tetap saya harapkan guna perbaikan dan penyempurnaan untuk belajar ke depan.


Penyusun



 ( penulis)












DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
ABSTRAK
BAB I          PENDAHULUAN
                   I.1      Latar Belakang
                   I.2      Rumusan Masalah
I.3      Tujuan Penulisan


BAB II        PEMBAHASAN
                   II.1     Pengertian Pendidikan Kesetaraan
                   II.2     Jenis – jenis Pendidikan
                   II.3     Fungsi dan Tujuan Pendidikan

BAB III       PENUTUP
                   III.1    Kesimpulan
                   III.2    Saran

DAFTAR PUSTAKA










ABSTRAK




























BAB I
PENDAHULUAN


I.1    Latar Belakang
Pendidikan kesetaraan merupakan pintu masuk bagi praktisi homeschooling yang ingin mengintegrasikan pendidikan anak-anaknya dengan sistem pendidikan nasional yang diterapkan di Indonesia. Abad ini telah memasuki  era ekonomi berbasis pengetahuan dan teknologi. Kemjuan informasi, komunikasi dan teknologi menciptakan arus globalisasi yang semakin merambah dunia. Di era berbasis pengetahuan dan tekonologi ini, maka kemampuan intelektual, sosial, pengetahuan dan kecakapan hidup, serta krediblittas suatu bangsa merupakan modal utama bagi kesejahteraan dan kemajuan suatu bangsa.
Kemampuan bersaing dan beradaptasi, serta penguasaan pengetahuan dan teknologi, menjadi makin penting guna berthan pada pasar besar abad pengetahuan ini. Karenanya, diperlukan masyarakat yang mampu belajar sepajang hayat, sehinggatidak seorangpun yang terbaikan dalam memperoleh pengetahuan dan kecakapan hidupunya.
Undang-undang No. 20/2003 tentnag SIstem Pendidikan Nasional, pendidikan non formal berfungsi mengembangkan potensi peserta didik dengan penenkanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional. Dan Penghargaan terhadap pendidikan non formal ini dihargai setara dengan pendidikan formal setelah melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk pemerintah yang mengacu pada standar nasional pendidikan

I.2    Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian pendidikan kesetaraan ?
2.      Sebutkan Jenis – jenis pendidikan ?
3.      Sebutkan Fungsi dan Tujuan nya ?

I.3    Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan karya tulis ini tidak lain agar para pembaca mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dalam dunia pendidikan saat sekarang ini. Sebab banyak masalah-masalah yang terjadi dalam dunia pendidikan saat sekarang ini. Disamping itu, agar para pembaca dapat menyadari bahwa pendidikan sangatlah penting guna menghadapi perkembangan zaman yang terjadi saat ini.

I.4    Manfaat Penulisan
Makalah tugas ini diharapkan bermanfaat untuk memberikan informasi kepada penulis dan pembaca yang lain mengenai Pengaruh Facebook




















BAB II
PEMBAHASAN

II.1  Pengertian Pendidikan Kesetaraan
Pendidikan kesetaraan merupakan pintu masuk bagi praktisi homeschooling yang ingin mengintegrasikan pendidikan anak-anaknya dengan sistem pendidikan nasional yang diterapkan di Indonesia.

II.2  Jenis – jenis Pendidikan
1.    Program Paket A setara SD
2.    Program Paket B setara SMP
3.    Program Paket C setara SMA

II.3  Fungsi dan Tujuan
        Fungsi
ð  Fungsinya untuk mengembangkan potensi pserta didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan akademik dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian professional.
Tujuan
ð  menjamin penyelesaian pendidikan dasar yang bermutu bagi anak yang kurang beruntung (putus sekolah, putus lanjut, tidak pernah sekolah), khususnya perempuan, minoritis etnik, dan anak yang bermukim di desa terbelakang, miskin, terpencinl atau sulit dicapai karena letak geografis dan atau keterbatasan transportasi
ð  Menjamin pemenuhan kebutuhan belajar bagi semua manusia muda dan orang dewasa melalui akses yang adil pada program-program belajar dan kecakapan hidup,


ð  menghaps ketidakadilan gender dalam pendidikan dasar dan menengah, dan
ð  melayani peserta didik yang memeerlukan pendidikan akademik dan kecakapan hidup secara fleksibel untuk meningkatkan mutu kehidupannya.

BAB III
PENUTUP

III.1 Kesimpulan
Dengan adanya keseriusan dan kesigapan dari pemerintah dengan cara mengeluarkan kebijakan-kebijakan seperti halnya kebijakan dana bantuan Operasional Sekolah ( BOS ) untuk mengurangi jumlah anak yang putus sekolah, maka angka anak yang putus sekolah di Bali akan dapat di tekan. Disamping itu peranan dari pihak sekolah beserta dengan orang tua dalam menekan jumlah anak yang putus sekolah juga sangat diperlukan dan berpengaruh akan jumlah anak yang akan putus sekkolah.

III.2 Saran
Sangat diperlukan sekali kesadaran dan kepedulian dari berbagai kalangan baik dari pemerintah, pihak sekolah maupun para orang tua. Dimana kesemuanya ( pemerintah, pihak sekolah, orang tua ) sangat berpengaruh terhadap jumlah anak yang akan putus sekolah.






DAFTAR PUSTAKA




Tidak ada komentar: